Rabu, 30 Maret 2016

Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo Kita Mengenal Heimlich Manuver

Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo  Kita Mengenal Heimlich Manuver

Dari banyaknya yang ngebaca trit ane, cuma 2 doang yang kasih cendol
Makasi agan yg udah kasih cendol.

Spoiler for dua cendol
Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo  Kita Mengenal Heimlich Manuver


NO repost
Spoiler for repost
Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo  Kita Mengenal Heimlich Manuver



Siang gan!

Agan masih inget dong dengan kasus kejadian yang baru baru ini menimpa seorang peserta yang meinggal akibat tersedak makan ayam saat mengikuti lomba makan ayam tercepat yang diselenggarakan oleh salah satu restoran cepat saji ?
Kalo belum tau beritanya agan bisa cek disini
Link berita


Sebenarnya orang tersebut bisa saja tertolong jika orang yang berada disekitar tempat kejadian tersebut ada yang mengerti tentang pertolongan pertama pada orang yang tersedak/keselek/choking yang bernama Heimlich Maneuver.

Tujuan ane buat trit ini supaya kita tau mengenai apa itu heimlich maneuver gan. Agar jika ada orang disekeliling agan yang mengalami tersedak, tidak ada lagi nyawa yang melayang dengan sia sia karena ketidaktahuan kita gan dan kita dapat menolong orang tersebut.

Ayo gan kita belajar sama sama tentang Heimlich maneuver


Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo  Kita Mengenal Heimlich Manuver

Ane kutip dari aryamahendrablog.wordpress.com

Quote:Sebelumnya apa sih Choking/tersedak itu?


Chocking adalah salah satu kegawat daruratan medis yang jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan kematian. Otak kita adalah organ yang sangat sensitif jika ada penurunan asupan oksigen. Hal ini terjadi saat seseorang tersedak karena benda asing akan menyumbat jalan napas atas sehingga kita tidak dapat bernapas dengan baik. Otak akan mulai mengalami kerusakan setelah 6 menit dan akan rusak permanen jika tidak mendapat oksigen selama 10 menit.

Saat seseorang kesulitan bernapas karena choking, kita hanya memiliki waktu 8 menit sebelum terjadi kematian atau kerusakan otak.


Quote:Apa yang seharusnya dilakukan kalau seseorang di sekitar kita tersedak/choking?

Heimlich maneuver adalah salah satu pertolongan yang tepat pada kejadian ini.
Heimlich Maneuver merupakan suatu metode standar untuk mengeluarkan benda asing dari orang yang mengalami choking. Prosedur ini ditemukan oleh Dr. Henry Heimlich seorang ahli bedah thorax pada tahun 1974. Prinsipnya adalah memberikan tekanan pada perbatasan perut dan dada seseorang sehingga udara akan menghentak benda asing yang tertelan.


Quote:
Gimana cara melakukannya ?


Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo  Kita Mengenal Heimlich Manuver


Prosedurnya seperti ini gan :
• Memanggil bantuan. Minta orang lain memanggil ambulans atau nomer gawat darurat.
• Memastikan orang itu tersedak. Kita bisa bertanya “Apa anda tersedak?” kepada orang yang terlihat seperti gambar disamping. Kedua tangan yang memegangi leher adalah tanda universal tersedak. Orang yang tidak bisa menjawab, mengangguk, atau menunjuk â€" nunjuk lehernya perlu diberikan pertolongan segera karena terdapat sumbatan jalan napas.
• Berdirilah di belakangnya. Sambil berdiri di belakangnya, kita meminta korban untuk sedikit membungkuk dan merenggangkan kakinya. Mengepal tangan kanan dan bersiap memberi hentakan.
• Memberi hentakan dengan kepalan tangan. Kepalan tangan kanan dikatubkan dengan tangan kiri lalu memberi tekanan pada dua jari di atas pusar. Tekanan diberikan ke atas dan belakang. Berikan tekanan sebanyak 5 hitungan lalu tanyakan apakah masih tersedak atau tidak. Prosedur ini diulangi hingga penyumbatnya keluar atau hingga tenaga bantuan tiba.



Quote:Keadaan khusus, Do’s and Don’ts


i. Korban adalah ibu hamil atau obesitas, penekanan dilakukan di dada korban. Hentakan ke belakang dengan hati â€" hati. Do’s
ii. Korban bayi prosedur menggunakan dua metode yaitu chest thrust dan back blows. Lakukan penekanan 5 kali dengan dua jari pada dada bayi sekitar 1/3 â€" 1/2 kedalaman dada lalu diikuti dengan back blows yaitu menepuk punggung bayi juga sebanyak 5 kali. Do’s
iii. Korban yang lebih besar dari penolong dapat ditidurkan di lantai rata dan dilakukan tekanan pada tempat yang sama dengan prosedur biasa. Do’s
iv. Don’t. Jangan memberikan pertolongan pada korban yang jika ditanya apakah tersedak atau tidak bisa mengeluarkan suara dan batuk dengan keras. Pada korban bayi jangan beri pertolongan apabila menangis kuat atau batuk.
v. Do’s. Lakukan pertolongan hingga sumbatan keluar atau pertolongan datang. Jika korban tidak sadar, baringkan dan lakukan kompresi dada.


Bisa agan liat nih di youtube



Quote:Original Posted By rokujuichi93 â–º
ini ane bantu tambahin gambarnya gan
Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo  Kita Mengenal Heimlich Manuver
utk orang dewasa

Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo  Kita Mengenal Heimlich Manuver
utk anak bayi


Quote:Original Posted By mufiapyscho â–º
sebenarnya selain dari sisi yang ingin menolong, dari sisi yang ingin ditolong juga harus bertindak
pertama:
tenang, jangan banyak kontraksi (tegang) di leher
kedua
bernapas dengan hidung dan pelan pelan
ketiga
kloe udah tenang angguk anggukin leher pelan pelan supaya ada upaya dorongan
keempat
coba ngerasain klo mau ngeluarin ludah dari mulut (rasanya kayak nelan tapi keluar mulut)

sumber, pengalaman pribadi


Di Negara kita ini pengenalan terhadap pertolongan pertama seperti Heimlich maneuver itu tidak pernah diajarkan. Mungkin, hanya segelintir orang yang dulu saat sekolah mengikuti ekskul tentang kesehatan yang mengerti dan tau mengenai tindakan pertolongan pertama seperti ini.

Pesan ane terhadap segala penyelenggara pendidikan, mungkin tidak terlambat untuk mengajari anak didik mengenai hal ini. Karena tindakan pertolongan pertama seperti Heimlich maneuver atau mungkin CPR (Napas buatan) ini sangat berguna serta mudah dilakukan dan tidak diperlukan pelatihan khusus.


Kalo trit ane bermanfaat
Minta cendolnya gan


Terima kasih


Sumber :http://m.kaskus.co.id/thread/56e3b03e642eb64d7c8b4574/orang-yg-tersedak-makan-ayam-ga-akan-meninggal-klo-kita-mengenal-heimlich-manuver/?ref=threadlist-21&med=top_thread


profile picture
langitsayu
KASKUS Plus #1

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar