Senin, 21 November 2016

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan Untuk Kita)

Dengan tanpa banyak muqadimmah, banner markas pembuat trid ga penting dan hiasan-hiasan trit yang bikin berat page load... trit ini ane buka dengan mengucapkan:

Assalammu'alaikum WRB...!!!
(Menjawab salam aja berpahala lho, gan)

Quote:Berhubung sekarang ini masih nuansa pasca UN dan banyak anak-anak SMA yang sudah keburu lega berakhirnya ujian walau hasil belum keluar, ane terdorong untuk membuat trit mengenai Paket C. Seperti yang ente tau, biasanya setelah hasil UN keluar banyak berita anak-anak SMA yang stres, pingsan, kesurupan, dan bahkan bunuh diri hanya gara-gara nggak lulus. Padahal masih ada ujian Paket C untuk mengejar kelulusan mereka.

Quote:STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)
Ilustrasi Kelulusan UN - Foto: Antara News


Quote:Sesuai judul, STOP BULLY anak-anak lulusan paket C, ane punya satu pertanyaan bagi sebagian masyarakat di negeri ini:

Spoiler for ASK
KENAPA SIH IJAZAH PAKET C BEGITU HINA DI MATA SEBAGIAN BESAR MASYARAKAT INDONESIA?


Sebelum ane lanjutkan, ane mau membeberkan dulu nih beberapa citra lulusan Paket C di mata orang-orang...

Quote:1. Anak Bandel

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Banyak orang mengira yang nggak lulus UN itu adalah anak-anak bandel yang sering cabut, merokok, atau tawuran. Tapi faktanya temen-temen gue yang bandel itu lulus UN juga lho.. WALAUPUN yaaach ente tau sendiri lah gimana cara lulusnya...


Quote:2. Anak Yang Goblok Segoblok-gobloknya

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Anak yang sering tinggal kelas, bodohnya kebangetan, idiot, nilai merah udah merekah di rapor, wah... gue ga tau deh, kenapa ada yang menghujat lulusan paket C itu seperti ini...


Quote:3. Pemalas

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Males belajar menjelang UN berakibat ga lulus ujian dan 'terpaksa' ikut Paket C? Mungkin... tapi kenyataannya banyak diantara temen-temen gue dulu yang lulus UN tanpa ikut bimbel dan kerjaan mereka cuma leha-leha di rumah. Toh mereka lulus UN juga dan gue yakin mereka ga pake cara curang.


Quote:4. Manusia Gagal Yang Tak Punya Masa Depan

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Ini adalah puncak hinaan yang ane tau diberikan pada mereka yang memiliki ijazah Paket C. Biasanya kata-kata 'Manusia Gagal' dilontarkan oleh orang untuk 'motivasi' anak-anak mereka supaya bisa lulus UN. "Tuh liat! Si Kiwil cuma dapet Paket C! Kamu ga mau kayak dia kan? Idih, malu-maluin dapet Paket C! Makanya belajar biar bisa masuk UI, UNPAD, atau ITB!" dan anggapan tambahan lainnya adalah, "Mau jadi apa kamu kalo ga lulus UN? Paket C? Mau jadi tukang sayur!?"




Padahal kenyataannya berbanding terbalik...!!!!
Kalo ente pikir 4 alasan diatas menjadi alasan orang-orang untuk menghujat mereka yang lulusan Paket C maka sungguh picik pikiran masyarakat kita...!!!


Gue ini lulusan Paket C tahun 2009 di Padang! Gue ngambilnya di SKB... aduh gue lupa namanya... pokoknya yang orang Padang pasti tau nih, setelah simpang haru ada jembatan tuh yang ngarah ke Andalas, nah kan ada SMP deket lampu merah tuh, nah ada SKB di belakangnya... SKB ini semacam balai pelatihan kerja untuk masyarakat kurang mampu, masyarakat ini dilatih untuk jadi tukang kayu, tukang cukur rambut, menjahit, dan banyak lagi deh pokoknya keterampilan untuk bekerja mandiri.

Gue pun berbincang-bincang dengan peserta Paket C di sana yang ane perkirakan ada sekitar 60-an orang... ente tau siapa aja mereka? Mayoritas mereka lebih tua dari gue dan alasan mereka beragam...

YANG PASTI ALASAN MEREKA IKUT PAKET C BUKAN KARENA 4 ALASAN DIATAS!
NIH ANE BEBERKAN ALASAN MEREKA IKUT PAKET C:


Gambar hanya ilustrasi

Quote:1. Nggak Punya Biaya

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Dialog ane dengan salah satu peserta yang tua adalah dia nggak punya biaya untuk melanjutkan sekolah. Pada saat muda dulu dia sekolah sambil kerja bantu orang tua. Seiring perkembangan ekonomi Indonesia, penghasilan mereka nggak cukup untuk bayar uang SPP (dulu sekolah tahun 80-an nggak ada yang gratis, bayar dan mahal. Setelah tua, sukses berdagang, barulah punya cukup uang dan karena nggak mungkin sekolah lagi sama anak muda ya ambil Paket C karena setara dengan SMA.


Quote:2. Bekerja Demi Keluarga

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Masih satu rumpun dengan alasan nomor 1, tapi bedanya mereka ini hidup di tahun 2000-an. Tapi mayoritas mereka ini adalah anak-anak tua yang kasihan dengan orang tuanya dan rela nggak melanjutkan sekolah untuk membantu membiayai adik-adiknya... Ada yang jadi TKI, ada yang kerja di pasar jadi pedagang, ada juga yang buka usaha sendiri... Untuk alasan nomor 2 ini adalah dialog ane dengan abang-abang umur 30-an...


Quote:3. Atlet

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Ente pikir atlet yang SMA lulus UN SMA? Beberapa ada yang nggak lulus karena pertandingan yang harus mereka ikuti tanggalnya dempet sama waktu ujian... Waktu untuk belajar udah keburu habis untuk latihan... pilihan mereka hanya 2, ikut Paket C atau ngulang sekolah setahun lagi...


Quote:4. Artis

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Baik artis lokal maupun nasional, kalo jam terbangnya udah tinggi tentu sulit buat sekolah secara normal meskipun ada artis yang bisa juga sekolah sambil kerja jadi artis. Gue udah baca beritanya si Aurel, dan ente tau apa yang ane baca di bagian komentarnya? "Ini nih, anaknya Anang - Ashanty, kok Paket C? Bapaknya anggota DPR kok anaknya Paket C?" dengan nada remeh begitu... Plisss... Dia kan homeschooling, kalo homeschooling ya paket C. Bukan, gue bukan fans-nya... gue juga ga naksir dia... Gue mah doyannya ama Macan Ternak (Mama Cantik Anter Anak) di Mall...


Quote:5. Homeschooling

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Di zaman modern ini ada orang tua yang dengan berani mengajari sendiri anaknya di rumah atau memanggil guru tanpa harus ikut pendidikan formal. Alasannya beragam, bisa karena artis atau bisa juga karena orang tuanya cukup cerdas ingin mendidik sendiri anaknya tanpa harus termakan propaganda pemerintah di sekolah umum. Apa berarti anak homeschooling goblok? Kenyataannya banyak yang pintar dan lebih mandiri dalam belajar.


Quote:6. Sakit Pas UN

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Mungkin ente pernah baca berita anak SMA yang sakit dan terpaksa di rawat di rumah sakit bela-belain ikut UN meskipun di kasur rumah sakit. Iya mending kalo sakitnya cuma muntaber, tifus, patah kaki, atau penyakit yang nggak parah-parah amirr sampe tangan dan otaknya malfungsi. Lah kalo sakitnya parah banget misalnya kanker? Atau harus di operasi? Mau dipaksa UN juga? Jadi nggak semua yang dirawat di rumah sakit bisa ikut UN, biasanya guru-guru akan nanya dulu sebelum mengizinkan si anak ikutan UN apakah memang dia mampu atau gimana...


Quote:7. Broken Home

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Sebenarnya gue benci menulis kalimat BROKEN HOME ini, tapi ini supaya ente-ente semua paham dengan yang ane maksud. Ane beri contoh aja ya, tetangga ane punya anak dan sekolah di SMA deket rumah gue. Tetangga ane ini cerai, dan si Ibu ini berhasil dapat hak asuh 2 orang anaknya. Anaknya yang SMA ini dicekcoki dengan begitu banyak buku, les-les di bimbel dan kursus-kursus yang melelahkan. Bahkan sampai panggil guru privat ke rumahnya. Tujuannya apa? "Ni anak nggak bisa kalo nggak kayak gitu, memang harus ikut bimbel. HARUS!" begitu kata emaknya...

Terlihat jelas di muka si anak ini kalo dia stress dengan obsesi emaknya, dia sering kabur ke rumah gue buat ngobrol atau main Borderlands nge-LAN bareng gue... Ente pikir anak itu karena stress jadinya goblok? Ga sama sekali malah, gan... tuh anak pernah bolos sekolah 1 bulan dan sekalinya masuk langsung pas orang lagi Ulangan Matematika. Berapa nilainya? Dapet nilai 9, almost perfect! Padahal dia kerjaannya cuma otak-atik komputer dan main game di rumah, kagak belajar sama sekali. Tapi karena tekanan dari rumah dan dari sekolah dia mutusin buat berhenti sekolah karena muak. Dan ngambil paket C. Sekarang dia siap-siap buat masuk kuliah jurusan IT.


Quote:8. Korban Bullying

STOP BULLY LULUSAN PAKET C...!!! (Sebuah Renungan  Untuk Kita)

Ini sih cerita gue... gue kerap di bully baik secara fisik maupun batin di sekolah... ga usah gue ceritain... panjang deh ceritanya... Intinya gue sangat sakit hati dengan kehidupan masa-masa SMP dan SMA gue sehingga gue pernah minta homeschooling ke bonyok tapi ga dikasi. Guru BP gue malah nyaranin gue buat nyari beasiswa ke luar negeri, tapi karena rapor banyak merahnya nggak lolos deh meskipun udah ada yang nawarin beasiswa ke aussie...


So, setelah ane beberkan alasan-alasan orang ikut Paket C, gue harap nggak ada lagi yang bully anak-anak Paket C.

Anak Paket C bukan berarti goblok atau tolol banget di sekolah. Yang tolol aja lulus UN paket kunci jawaban, jadi gue rasa yang berani ga lulus UN karena jujur dan rela ngambil Paket C jauh lebih terhormat dibandingkan mereka yang bisa masuk PTN pake 'Orang Dalem' dan lulus pake Kunci Jawaban.

Dan bagi adek-adek yang nggak lulus UN, ga usah berkecil hati... gue aja bisa kuliah dengan ijazah Paket C kok...
Nggak perlu deh kalian sampe bunuh diri atau sampe kesurupan hanya gara-gara nggak lulus UN...
Nggak ada ijazah SMA bukan berarti dunia kiamat... Yang harus lo pikirin itu akan jadi apa lo nanti setelah kuliah...


Kalo lo pikir ijazah Paket C nggak ada masa depannya, think again...
Gue sekarang kerja sebagai Web Programmer di sebuah perusahaan yang cukup ternama di Jakarta (ga perlu gue sebutin nama perusahaannya) dan sesekali freelance sebagai Web Designer. Sekarang lagi nabung buat ngejer sertifikasi Java dan Microsoft Azure.



Kagak minta cendol tapi kalo di kasi nggak nolak...


Mohon di rate aja dan rekomendasikan jadi HT buat menjadi penyemangat bagi adek-adek yang nggak lulus UN...
Yang lulusan Paket C juga monggo komeng...


F.A.Q:

T: Berapa sih biaya Paket C, gan?
J: Bervariasi tergantung ente ngambilnya dimana. Gue dulu bayar Rp350,000. Di SKB ane dulu ada semacam 'Short Course' sebelum ujian Paket C dan uang ini di pake buat beli alat tulis, biaya cetak ijazah, serta bayar guru panggilan. 'Short Course' ini kira-kira 2-3 bulan deh... Pelajaran paling horror bagi kebanyakan peserta adalah Bahasa Inggris, bukan matematika.

T: Udah Paket C bisa kuliah juga?
J: Gue pernah nanya sama kepala SKB-nya. Kalo ada lulusan Paket C yang ditolak masuk perguruan tinggi hanya karena ijazahnya Paket C silahkan lapor sama Dinas Pendidikan dan nanti tu perguruan tinggi akan langsung diberi sanksi sama Kementerian Pendidikan

T: Ujian Paket C itu kayak gimana, gan?
J: Sama aja kayak UN, zaman gue dulu ujiannya ABCD dan disilangi. Zaman sekarang mungkin pake kertas komputer dan pensil 2B. Ruang ujiannya nebeng di bangunan sekolah SMP dan SMA negeri yang udah disiapkan sama Dinas Pendidikan. Kan anak-anak sekolah dah pada libur tuh.

T: Soal ujian Paket C kayak gimana sih, gan?
J: 100% ente dijamin lulus deh, gan! Nggak ada sejarahnya peserta Paket C nggak lulus. Soalnya 300% jauh lebih gampang dari UN! Zaman gue dulu ujiannya cuma Matematika, Bahasa Inggris, sama Bahasa Indonesia. Gue ga tau deh kalo sekarang gimana, mungkin ada tambahan IPS-nya kali. Kalo gue boleh kasi kisi-kisi nih ya... soalnya kira-kira pelajaran kelas 1 SMA. Gampang? Gampang banget dooong...!!!! gue aja bisa masak lo ga bisa sih...

T: Gue denger orang yang Paket C itu di kasi kunci jawaban juga lulusnya, gimana tuh gan?
J: Yaach, gini aja deh gan... yang namanya oknum itu emang ada dimana-mana kan? Waktu ente UN aja ada juga kan yang nawarin kunci jawaban? Apakah ente akan menerima kunci jawaban itu atau ga, itu kan pilihan ente sendiri... Sama dengan Paket C ini, ente mau melakukannya dengan jujur atau mau pake jalan pintas? Terserah ente, yang malu kan ente sendiri...

Quote:Baca juga trit ane yang lainnya:

Ente Sering Buang-Buang Waktu? Mungkin Ini Penyebabnya!
5 Manfaat (Palsu) Propolis Yang Nyata
10 Software Paling Sering Dibajak Versi Gue


Sumber :http://m.kaskus.co.id/thread/57109ac6642eb648088b456c/stop-bully-lulusan-paket-c-sebuah-renungan-untuk-kita/?ref=threadlist-21&med=top_thread


profile picture
mrgets
Kaskus Addict #1

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar